5 Rekomendasi Tablet Murah di 2021 Buat Belajar Anak

Selain smartphone, gadget bisa menjadi salah satu sarana belajar yang baik buat anak. Bukan cuma ukurannya yang lebih luas dan lebar, tapi juga dari segi fitur dan layanan yang tersedia di dalamnya yang bisa mendukung proses belajar. 

Khususnya anak yang sudah dalam usia sekolah, untuk kegiatan belajar daring dari rumah. Tablet juga bisa disambungkan dengan keyboard bluetooth yang seketika dapat membuatnya seperti laptop. Sehingga, anak bisa mengerjakan tugas sekolah dengan lebih nyaman.

Meski punya ukuran dan fitur yang lebih leluasa dibanding smartphone, harga tablet nggak selalu mahal, lho. Berikut ini ada 5 rekomendasi tablet murah yang bisa dijadikan pilihan bagi ayah dan bunda yang lagi cari tablet untuk belajar anak. Yuk, simak ya!

 

Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Yang pertama ada Samsung Galaxy Tab A7 Lite. Tablet yang baru dirilis di bulan Mei 2021 ini sekarang punya kisaran harga mulai Rp 2,4 jutaan aja. Apa kelebihannya?

Selain harganya yang terjangkau untuk ukuran tablet, Samsung Galaxy Tab A7 Lite punya ukuran layar yang lega, yaitu 8,7 inci. Kapasitas baterainya jumbo, 5.100 mAh. RAM 3 GB, memori internal 32 GB, bluetooth 5.0, dan sudah menggunakan Android 11. Tersedia juga fitur book cover yang bisa membuat tablet diposisikan sesuai dengan sudut pandang penggunanya. 

Dengan harga Rp 2,4 jutaan, Galaxy Tab A7 Lite sudah tersedia di website Samsung maupun e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, atau Blibli. Kamu bisa beli tablet ini secara tunai, cicilan kartu kredit, atau kredit online cicilan bulanan tanpa kartu kredit dengan fintech seperti Kredivo

Selain daftar mudah dan proses kreditnya cepat, kredit online cicilan bulanan tablet dengan Kredivo juga nggak pake uang muka. Ditambah, kamu bisa pilih cicilan bunga 0% dengan opsi tenor 1 bulan atau 3 bulan. Tawaran yang cukup menarik buat kamu yang punya bujet terbatas!

 

Huawei MatePad T10 Kids Edition

Sesuai dengan namanya, Huawei MatePad T10 Kids Edition memang dirilis oleh Huawei untuk anak-anak. Dari sisi performa, meski harganya murah yaitu sekitar Rp 2,6 jutaan, tablet satu ini  menggunakan chipset HiSilicon Kirin 710 A besutan Huawei yang dirilis Juni 2020. Chipset didukung juga dengan konfigurasi octa-core, kartu pengolah grafis Mali-G51 dengan clock speed 1000 MHz. Sementara kapasitas RAM-nya 2 GB, memori internal 32 GB, dengan dukungan kapasitas memori eksternal hingga 512 GB. 

Selain dari sisi performa, Huawei MatePad T10 juga menghadirkan berbagai fitur yang bisa dibilang cukup ramah & mendukung anak. Ada stylus dan casing yang bisa digunakan untuk menulis atau menggambar. Plus, bahannya dibuat dari silikon yang food-grade, sehingga akan aman jika tergigit oleh anak. 

Ada juga fitur seperti Blue Light Filter yang bisa menyaring sinar biru agar mata anak tidak terlalu lelah saat lama menatap layar. Ada Posture Alert dan Bumpy Road Alert yang berfungsi mengingatkan anak untuk mengubah posisi tidur jadi duduk dan mengingatkan untuk beristirahat saat di dalam perjalanan. 

 

Advan Tab Belajar Elite

Selanjutnya, ada brand lokal Advan yang tak ketinggalan merilis produk tablet yang bisa mendukung belajar anak, yaitu Advan Tab Belajar Elite. Dirilis oleh Advan pada bulan Februari 2021, Advan Tab Belajar Elite dibanderol dengan harga super murah, hanya Rp 1,3 jutaan. Meski begitu, spesifikasinya nggak kalah dengan dua tab lainnya di atas. Yang terpenting, bisa dipakai anak untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. 

Beberapa kelebihan dari Advan Tab Belajar Elite antara lain adalah layar yang cukup luas, daya baterai yang awet, dapur pacu yang memadai dengan sistem operasi Android 10, plus adanya fitur USB On-The-Go untuk melakukan pertukaran file dari flashdisk dengan mudah. 

 

Advan Tab Sketsa

Masih dari Advan, ada juga Advan Tab Sketsa yang bisa digunakan untuk anak belajar menggambar atau sekolah online. Tablet ini dilengkapi dengan stylus untuk membuat proses gambar jadi mulus, baterai jumbo 6.000 mAh, RAM 4GB dengan memori internal 32GB, slot memori eksternal, dan sudah support untuk menggunakan keyboard eksternal. Harga pasaran Advan Tab Sketsa saat ini ada di kisaran Rp 2,5 jutaan. 

 

Lenovo Tab M10

Salah satu keunggulan dari Lenovo Tab M10 adalah adanya Kids Mode, sehingga orang tua bisa mengaturnya selama tablet akan digunakan oleh anak. Selain itu, Lenovo Tab M10 juga memiliki layar FHD Display berukuran 10,3 inci yang membuat mata anak bisa nyaman selama belajar, bermain, atau menonton tayangan hiburan di tablet. Spesifikasi lain yang nggak kalah menari, Lenovo Tab M10 juga terbilang mumpuni untuk gaming karena dibekali dengan chipset Helio P22T dari Media Tek. Plus terdapat dua opsi RAM yaitu 2GB dan 4GB dengan 2 opsi memori internal yaitu 32GB dan 64GB.