Mengenal Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 3 Dibandingkan Pendahulunya

main image

Pada Rabu (11/8/2021) malam waktu Indonesia, Samsung resmi meluncurkan ponsel lipat Galaxy Z Fold 3. Ponsel tersebut merupakan penerus dari generasi sebelumnya yaitu Galaxy Fold Z 2 yang diperkenalkan pada tahun 2020 lalu.

Menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile, Verry Octavianus dan Taufiq Furqan, Samsung fold 3 terbaru secara umum memiliki sejumlah kelebihan  dibandingkan dengan pendahulunya. Apa saja kelebihannya?

Yuk cari tahu kelebihannya, dengan menyimak ulasan mengenai kelebihan Samsung Fold 3 terbaru dibawah ini :

  1. Water Resistance

Salah satu fitur unggulan utama yang dimiliki Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ketahanan terhadap air dengan mengantongi sertifikasi IPX8. Galaxy Z Fold 2 tidak punya fitur ini. Very menjelaskan, adanya fitur ini membuat ponsel lipat terbaru ini bisa bertahan jika terjatuh atau terendam dia air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Hal ini menjadikan Samsung Galaxy Z Fold 3 sebagai satu – satunya perangkat foldable series pertama didunia yang dilengkapi dengan fitur water resistance.

  1. Frame Dan Engsel Lebih Kokoh

Samsung Galaxy Z Fold 3 memiliki frame (bingkai) dan engsel (hinge) yang terbuat dari bahan dasar Alumunium Armor yang diklaim lebih kuat 10 % dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Untuk menambah kesan tangguh, cangkang dua ponsel lipat itu juga telah dilindungi dengan kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim lebih kokoh dibandingkan dengan Gorilla Glass 6.

  1. Konektivitas 5G

Samsung Galaxy Z Fold 3 termasuk ponsel flagship dari Samsung yang dibekali dengan chipset yang mendukung konektivitas 5G. Hal tersebut tentu berbeda dengan ponsel lipat generasi sebelumnya yang baru mendukung 4G.

Ponsel ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 888 (5nm) dari Qualcomm. Meski begitu, Verry tidak menjelaskan pita (band) jaringan 5G yang sudah didukung oleh Galaxy Z Fold 3 ini. Mengingat untuk bisa menikmati layanan 5G di tanah air, ponsel setidaknya sudah bisa mendukung band n3 (layanan 5G Indosat) dan juga n40 (layanan 5G Telkomsel).

Yang jelas, Verry mengatakan bahwa pihaknya mengaku masih dalam tahap kerja sama dengan operator seluler agar Samsung Galaxy Z Fold 3 bisa segera menikmati jaringan generasi kelima alias 5G.

Verry menjelaskan  bahwa, diharapkan akhir tahun atau kuartal ketiga 2021 mendatang, ketika sudah resmi dan trialnya sudah maksimal, nanti akan diumumkan kembali soal sinyal 5G tersebut. Apakah perlu unlock atau tidak? Tidak perlu khawatir, sebab nanti aka nada software update.

  1. Refresh Rate 120 Hz

Samsung Galaxy Z Fold 3 kini membawa layar dengan refresh rate 120Hz. Verry menerangkan bahwa, layar sekunder yang dibawa Galaxy Z Fold 2 yang dirilis pada tahun 2020 lalu, baru mendukung refresh rate 120 Hz. Hal ini akan memberikan pengalaman yang mulus untuk menikmati konten atau game yang mendukung.

  1. Stylus S Pen

Untuk pertama kalinya, pabrikan asal Korea Selatan tersebut menyertakan dukungan aksesoris stylus (pena digital) S Pen pada perangkat foldable, melalui Samsung Galaxy Z Fold 3 ini. Dengan adanya S Pen, pengguna bisa mencatat, menggambar, hingga menunjang multitasking sejumlah aplikasi di layar utama (Main Screen) ponsel.

Verry menjelaskan, terdapat dua jenis S Pen yang didukung oleh ponsel ini, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Perbedaan mencolok diantara kedua jenis S Pen tersebut adalah konektivitas serta perangkat yang didukung stylus tersebut.

Sesuai namanya, S Pen Fold Edition hanya bisa digunakan di Samsung Galaxy Z Fold 3 saja dan tidak dibekali konektivitas Bluetooth. Meski begitu, stylus tersebut tetap mendukung fitur navigasi Air Command. Sementara, S Pen Pro dibekali konektivitas Bluetooth serta mendukung berbagai perangkat Samsung lainnya seperti Galaxy Tab, Galaxy 21 Ultra, hingga Galaxy Note Series.