7 Adab Bangun Tidur Yang Dicontohkan Rasulullah SAW. Salah Satunya Baca Doa

Doa Tobat dari Perbuatan Dosa, Ayat, Latin dan Terjemahannya

Tidur merupakan salah satu anugerah dan nikmat dari Allah SWT bagi umatnya. Karena itu, sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk melakukan berbagai hal sesuai dengan apa yang telah diamalkan Rasulullah SAW ketika beliau bangun tidur.

Tujuan dari adab bangun tidur ini adalah supaya kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. Sebab hidup dan mati kita hanyalah milik Allah SWT. Ustadz Abdullah Gymnastiar alias AA Gym menyampaikan 7 adab bangun tidur yang dicontohkan Rasulullah SAW, diantaranya yaitu :

  1. Duduk Dan Mengusap Wajah

Ibnu Abbas semoga Allah SWT ridho kepadanya berkata, “Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah SAW bangun kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada diwajahnya dengan tangannya.” (HR. Ahmad).

Menurut AA Gym, bangun tidur lalu langsung berdiri itu berbahaya. Pelajari betapa hikmah Rasulullah SAW menganjurkan untuk duduk terlebih dahulu, karena itu memang baik dan benar menurut ilmu kesehatan.

  1. Membaca Doa Bangun Tidur

Bahwa Nabi Muhammad SAW ketika bangun tidur, beliau membaca doa ini :

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.”

Artinya : “Segala puji bagi Allah, yang sudah membangunkan kami selepas menidurkan kami, serta terhadap-Nya lah kami dibangkitkan.” (HR. Bukhari).

Dengan doa bangun tidur ini, Anda sebagai manusia harus senantiasa lebih bersyukur. AA Gym bertutur bahwa nikmat besar ketika Anda bisa bangun kembali dari tidur, berapa banyak orang yang tidur dan tidak pernah bisa bangun lagi.

Dengan membaca doa bangun tidur, ini berarti Anda telah bersyukur masih dihidupkan kembali oleh Allah SWT serta diberikan kesehatan jasmani dan rohani.

  1. Membaca 10 Ayat Terakhir Surat Ali Imran

Dalam hadits riwayat Bukhari, Ibnu Abbas berkata, “Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuknya yang ada di wajahnya dengan tangannya. Kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran.”

  1. Mencuci Tangan

Cuci tanganlah tiga kali sesudah bangun tidur, sebab Anda tidak tahu darimana tangan ini, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda : “Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya kedalam wadah sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Membersihkan Hidung

Adab bangun tidur yang dilakukan Rasulullah SAW berikutnya adalah membersihkan hidung. Masukkan air ke hidung tiga kali, karena disinilah setan akan berpangkalan selama Anda tidur.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karen setan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Bersiwak Atau Menggosok Gigi

“Nabi Muhammad SAW apabila bangun maka beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Berwudhu

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda :

“Setan mengikat tengkuk kepala seseorang diantara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan : ‘Malammu masih panjang, teruslah tidur’. Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berdzikir kepada Allah, terbukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwujud terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia sholat maka terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas.” (HR. Bukhari dan Muslim).