8 Cara Memulai Bisnis Kuliner dengan Order Management System

Memulai usaha memang menjadi salah satu hal yang paling menantang bagi para pelaku usaha. Soalnya, di sini kita akan mempersiapkan banyak hal. Tentu saja, merupakan sebuah hal yang wajar apabila kita merasa bingung sebab kita masih termasuk sebagai pemula di bisnis yang satu ini. Namun, hal tersebut bukan berarti kita sama sekali tidak kompeten.

Apalagi, sekarang ini sudah banyak dukungan dari teknologi yang akan membuat kita semakin mudah untuk mengelola bisnis. Salah satunya ialah melalui Aplikasi Hubster yang akan menghadirkan order management system dan membuat kita bisa lebih mudah mengelola pesanan yang diminta pelanggan. Nah, berikut ini ada 8 cara yang bisa kita terapkan untuk memulai bisnis kuliner kita melalui order management system.

sumber gambar : https://www.hubster.co.id/blog/grabfood-secondary-account

1. Pastikan kita memiliki komitmen yang kuat

Hal paling utama yang perlu kita miliki saat kita menjalankan bisnis kuliner ialah kita perlu memiliki komitmen yang kuat. Komitmen ini sangatlah penting, bahkan sebelum kita memulai usaha kita. Dengan adanya komitmen, kita akan merasakan bahwa ada alasan untuk terus berjuang, sekalipun banyak tantangan yang akan kita lalui.

2. Harus berani melangkah

Nah, selain mau berkomitmen, hal penting lainnya yang juga harus kita perhatikan ketika menjalankan bisnis kuliner adalah keberanian yang ada di dalam diri kita untuk terus melangkah. Memang, sangat wajar apabila kita memiliki rasa takut. Akan tetapi, bukan seorang pebisnis namanya apabila tidak mau melangkah secara pasti, terlepas dari tantangan yang akan dihadapi.

3. Mempersiapkan modal usaha

Sebuah bisnis dapat beroperasi secara lancar ketika bisnis tersebut sudah memiliki modal yang cukup. Pada dasarnya, memang modal dapat menjadi hal yang menantang. Akan tetapi, selalu ada solusi untuk mengatasinya, seperti melakukan kerja sama dengan mitra bisnisnya maupun melalui pengajuan kredit untuk modal bisnis UKM.

4. Memperhatikan lokasi usaha

Posisi bisnis kuliner kamu juga sangat berpengaruh. Sebagai contoh, kamu akan cenderung mendapatkan banyak pesanan apabila membuka bisnis kuliner di tempat yang penduduknya cenderung tidak memiliki waktu untuk memasak. Pastinya, kamu pun perlu memperhitungkan modal yang tersedia ya.

5. Menu makanan

Nah, sebelum kamu memaksimalkan bisnis melalui order management system, kamu pun perlu menentukan jenis-jenis makanan maupun minuman yang akan kamu tawarkan kepada pelanggan. Sebagai contoh, kamu bisa menghadirkan makanan yang saat ini belum banyak ditawarkan untuk menurunkan tingkat kompetitor. Akan tetapi, pastikan juga kamu tetap menyesuaikan dengan selera konsumen.

 6. Menghadirkan inovasi

Sebuah inovasi pada dasarnya bukan hanya bermanfaat bagi pelanggan, akan tetapi bagi diri kamu sendiri selaku pelaku usaha. Melalui penerapan order management system yang ada di aplikasi Hubster, kamu bisa menghadirkan kemudahan pelayanan bagi pelanggan. Begitu juga kamu yang lebih praktis untuk mengelola pesanan yang masuk.

7. Memilih supplier

Hal yang tidak kalah penting bagi pelaku bisnis kuliner ialah memilih supplier bahan-bahan baku untuk membuat makanan maupun minuman. Hal ini penting karena bahan baku sangat berpengaruh pada kualitas menu yang kamu hadirkan.

8. Mengelola sumber daya manusia

Hal penting lainnya yang tidak boleh kita lewatkan saat membuka usaha kuliner ialah mengelola sumber daya manusia. Dalam bisnis kuliner, biasanya ada 3 kategori staf yang kita butuhkan, yakni yang memasak, yang melayani transaksi, serta yang mempersiapkan makanan. Namun, kita juga bisa saja memiliki satu asisten apabila usaha kita masih baru.

Nah, melalui kehadiran order management system pada Aplikasi Hubster, tentunya proses untuk memulai bisnis kuliner akan menjadi lebih mudah. Yuk, gunakan aplikasinya sekarang dan rasakan kemudahannya!