Beragam Resep Ayam Kecap Yang Lezat

Resep Ayam Kecap Pedas Manis, Begini Cara Mudah Membuatnya

Ayam adalah daging yang mudah ditemukan dan masih terjangkau harganya di Indonesia. Tentu saja jika ayam kampung lebih mahal karena memang dirawat tanpa adanya suntikan. Sehingga ayam kampung juga lebih sehat. Namun ayam ras yang banyak dijumpai dan harganya hanya sekitar 35  ribuan 1 kilogram. Jika anda berniat memasak ayam, gunakan ayam ras saja yang lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu lama memasak. Ayam biasanya diolah menjadi ayam goreng, namun ayam kecap bisa menjadi pilihan yang tepat juga. Ayam kecap menjadi hal yang mudah dimasak juga. Berikut beragam resep ayam kecap yang lezat.

  1. Ayam Kecap Biasa

Resep ayam kecap yang pertama adalah ayam kecap yang biasa saja. Ayam kecap ini membutuhkan bumbu yang mudah. Bahan yang digunakan juga mudah sekali. Siapkan bahan-bahan seperti ayam 1 kg, kecap manis, bawang Bombay, garam, penyedap rasa ayam.

Cara memasak ayam kecap biasa mudah sekali. Pertama-tama cuci bersih ayam dan sisihkan. Setelah itu kupas bawang Bombay dan iris ukuran sedang. Setelah itu panaskan wajan dan beri minyak. Tumis bawang Bombay dan kemudian masukkan ayamnya. Setelah itu tambahkan air secukupnya dan berikan kecap manis. Masak hingga ayam matang dan bumbu kecap meresap. Tambahkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh penyedap ayam.

  1. Ayam Kecap Bumbu Lengkap

Resep aym kecap yang selanjutnya adalah ayam kecap bumbu lengkap. Ayam kecap bumbu lengkap ini sangat mudah juga sama dengan ayam biasa. Hanya saja dalam memasaknya membutuhkan bumbu atau rempah yang lengkap. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kunyit 1 cm, lengkuas 1 cm, jahe 1 ruas, merica 6 butir, bawang putih 4 buah dan kecap manis. Siapkan juga ayam 1 kg dan garam. Royco ayam siapkan juga.

Cara membuat ayam kecap bumbu lengkap adalah dengan mengupas kunyit, jahe dan lengkuas. Kemudian masukkan dalam blender bersama dengan merica, dan bawang putih. Setelah itu tumis bumbu yang sudah diblender dan setelah wangi, ayamnya masukkan. Kemudian tambahkan air yang sedang saja. Berikan garam dan penyedap rasa ayam. Setelah itu masukkan kecap dan masak hingga semua bumbu meresap dan matang.

  1. Ayam Kecap Dengan Kacang

Siapa yang pernah mencoba resep satu ini? Resep yang ini mungkin hanya beberapa orang yang mengetahuinya. Resep ayam kecap ini bisa menjadi pilihan ayam kecap yang tidak membosankan. Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat ayam kecap ini adalah ayam segar 1 kg, kecap manis, kacang tanah 150 gram, bawang putih 6 siung, tomat segar 2 buah.

Pertama-tama anda harus mencuci bersih ayamnya dahulu dan tirikan. Setelah itu kacang tanah digoreng dengan api yang tidak besar. Setelah itu kacang tanah diblender kering. Jadi pastikan gunakan blender kering. Sisihkan kacangnya setelah diblender. Iris bawang putih hingga kecil-kecil. Tumis bawang putihnya dan berikan air lumayan banyak. Masukkan ayamnya dan berikan garam. Masukkan kecap manisnya. Setelah itu berikan penyedap rasa ayamnya. Tunggu dahulu hingga ayamnya hampir matang, baru masukkan kacang yang tadi sudah diblender. Kemudian aduk lagi. Setelah ayamnya matang, iris tomat setelah dicuci dan masukkan. Sajikan dengan bawang goreng. Anda bisa juga memakannya dengan sambal goreng jika ingin rasa pedas pada ayam kecap manis kacang ini.