Mengintip Keunggulan Pipa PVC

Tentang Pipa PVC

Pipa PVC atau yang sering disebut dengan nama “paralon”, merupakan salah satu produk pipa thermoplastic pertama yang biasa digunakan untuk instalasi air. Bahkan hingga sampai saat ini, pipa PVC masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat karena memiliki beragam manfaat. Bukan hanya itu, harga pipa PVC juga cenderung relative murah dibandingkan dengan jenis pipa logam atau pipa besi. 

Sesuai dengan namanya, material pipa PVC ini terbuat dari bahan polyvinyl chloride. PVC itu sendiri merupakan salah satu jenis polimer thermoplastic yang menempati urutan ketiga sebagai yang paling banyak digunakan di dunia.  

Asal Muasal Bahan PVC

Menurut informasi yang didapat, bahan PVC pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan asal Rusia yang bernama Victor Regnault pada tahun 1835 silam lalu. Pengembangan PVC pun terus berlanjut hingga tahun 1872, oleh ilmuwan dari Negara yang sama yakni Eugen Bauman. 

Tak hanya digunakan untuk produk pipa, bahan PVC juga sering digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti pakaian, kabel listrik, perabotan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Memasuki tahun 1926, bahan PVC pun mulai dijual secara bebas dan sudah diberi penambahan material lainnya. Sehingga, bahan PVC menjadi lebih elastic dan mudah diproses yang membuatnya ideal digunakan untuk berbagai kebutuhan produk, termasuk pipa PVC. Lantas, seperti apa sajakah keunggulan yang dimiliki pipa PVC?

Keunggulan Pipa PVC

  1. Proses Instalasi yang Begitu Mudah

Jika dibandingkan dengan jenis pipa logam atau pipa besi, jenis pipa PVC menyuguhkan proses pemasangan yang jauh lebih mudah. Ya, hal tersebut dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan thermoplastic, sehingga membuat pipa PVC lebih mudah saat dipotong tanpa mengeluarkan tenaga ekstra maupun peralatan khusus. Apalagi bobot pipa PVC yang ringan, dimana anda tidak akan mengalami kesulitan saat membawanya. Hasilnya, proses pemasangan pipa PVC menjadikan waktu lebih hemat dan efisien. 

Dengan begitu, anda tidak perlu lagi membayar jasa orang professional saat hendak memasangnya. Sangat berbeda dengan pipa besi, dimana proses pengerjaannya yang begitu sulit karena harus di las terlebih dulu dan dipotong menggunakan alat khusus. Tak hanya itu, pemasangan pipa besi juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, melainkan harus yang benar-benar ahli dibidangnya. 

  1. Anti Korosi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pipa besi sering dihadapkan pada masalah berkarat. Jika sudah berkarat, tentu saja daya tahannya pun menjadi semakin lemah. Akibatnya, ia tidak bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Nah, untuk mengatasi masalah korosi tersebut, maka pipa PVC ini merupakan pilihan yang paing tepat. 

Pasalnya, pipa PVC memiliki sifat yang tahan terhadap korosi dan tahan terhadap perubahan cuaca. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, pipa PVC ini tahan terhadap bahan kimia tertentu seperti senawa alkalin. 

  1. Harga yang Relatif Murah

Inilah salah satu asalan paling kuat, mengapa pipa PVC dipilih oleh banyak orang. Ya, selain memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh pipa besi, pipa PVC juga menawarkan harga yang relative murah. Meski murah, namun kualitas yang dimilikinya itu tidaklah murahan. Menariknya lagi, pipa PVC ini tidak membutuhkan perawatan khusus. 

Seperti itulah berbagai keunggulan dari pipa PVC sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi. Bagi anda yang ingin membeli pipa PVC secara online, silahkan kunjungi http://www.pipahdpe.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *