Mengenal Profil, Pelatih, Kapten, Dan Pemain Terbaik Persipura Jayapura

Persatuan Sepak Bola Indonesia Jayapura atau disingkat Persipura Jayapura merupakan sebuah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Jayapura, Papua. Prestasi tertinggi yang sudah diraih klub sepakbola tersebut hingga saat ini adalah menjadi empat kali juara Liga Indonesia mulai dari tahun 2005 hingga 2013. Sedangkan prestasi Persipura Jayapura di era Perserikatan adalah sebagai runner-up Divisi Utama (1980) dan dua kali menjadi juara Divisi I (1979 dan 1993). 

Dikutip dari bolanusantara.com, Persipura Jayapura juga dikenal sebagai klub sepakbola yang sudah berhasilkan melahirkan pemain lokal berkualitas internasional seperti ada Boaz Solossa, Ardilles Rumbiak, Chris Yarangga, Christian Warobay, Erol Iba, Gerald Pangkali, Jack Komboy, Yohanes Auri, Stevie Bonsapi, Titus Bonai, Jendri Pitoy, Eduard Ivakdalam, Ricardo Salampessy, Patrich Wanggai, serta Osvaldo Haay. 

Dilansir dari berita sepak bola Indoneisa, dihentikannya kompetisi Shopee Liga 1 2020 akibat pandemic Covid-19 menyebabkan pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago berharap supaya kompetisi dapat dilanjutkan kembali. Pelatih Persipura Jayapura tersebut optimis jika pandemic Covid-19 ini dipastikan akan segera berakhir dan kembali dilanjutkannya kompetisi Shopee Liga 1 2020. Menurut Jacksen, Liga 1 harus tetap dilanjutkan karena masyarakat Indonesia butuh hiburan pertandingan sepak bola setelah sekian lama mengalami kevakuman karena harus melalui masa karantina. Dimana masyarakat Indonesia harus menjalankan protokoler penanganan Covid-19 dengan berdiam dan bekerja di rumah. 

Dikutip dari baca berita Indonesia, untuk memerangi pandemi Covid-19 ini, Boaz Solossa selaku kapten Persipura Jayapura ikut melelang Jersey kesayangannya. Mantan pemain Timnas Indonesia tersebut mengikuti jejak seniornya, Todd Ferre yang sudah terlebih dahulu melakukan aksi kemanusiaan ditengah pandemi Covid-19 di Jayapura, Papua. Boaz diketahui melelang jersey awal yang dikenakannya saat membantu Persipura Jayapura untuk menjuarai turnamen Torabica Soccer Championship (TCS) tahun 2016. 

Pengumuman lelang tersebut disampaikan oleh sang penyerang melalui akun media sosialnya pada Minggu (26/4/2020). Nantinya uang hasil lelang tersebut akan digunakan untuk membantu tenaga medis yang sudah bersusah payah menangani Virus Corona mulai dari pagi, siang, dan malam. Lelang dimulai dari harga Rp. 3,5 juta dengan kelipatan penawaran bid Rp. 200.000. 

Sumber : bolanusantara.com