Cara Membuat Bolu Pandan

Resep Bolu Hijau Daun Pandan, Simak Triknya Biar Berhasil!

Kue bolu pandan merupakan kue yang sangat enak karena kue ini memiliki aroma yang enak, khas, bolu yang lembut dan moist. Aroma kue berasal dari ekstrak daun pandan yang juga dikenal sebagai daun pinus. Daun pandan juga dikenal sebagai vanilla orang Asia karena aromanya. Pada artikel kali ini saya akan memberikan resep bolu pandan. Resep ini menawarkan panduan langkah demi langkah dengan semua tips yang diperlukan untuk menghasilkan kue bolu pandan yang sempurna.

Bagaimana rasanya daun pandan? Untuk orang asia mungkin sudah tahu dengan rasa dari daun pandan. Meskipun daun pandan dikenal sebagai vanilla Asia, sebenarnya tidak terasa atau berbau seperti vanila. Rasanya cukup netral dan memiliki rasa berumput karena jenis rumput abadi. Daun pandan ini terutama digunakan untuk warna dan aromanya. Bisakah daun pandan diganti? Sayangnya, daun pandan tidak dapat diganti karena memberikan aroma yang sangat istimewa. Di mana membeli daun pandan atau ekstrak pandan? Daun pandan memang sedikit susah untuk di temui, tetapi biasanya di beberapa pasar tradisional ataupun swalayan daun pandan tersedia, tetapi jika kalian kesulitan mendapatkan daun pandan , kaian bisa membeli ekstrak daun pandan di swalayan atau toko-toko kue, biasanya ditampilkan bersama dengan pewarna dan ekstrak lainnya untuk memanggang / memasak. Jika kalian ingin mengganti resep ini karena kesulitan mencari daun pandan asi ataupun yang ada pada kemasan, tentu saja, Anda dapat menggantinya dengan jus jeruk, jus lemon, vanilla, kopi, atau rasa apa pun yang Anda sukai.

Bahan yang digunakan:

  • 100 ml santan
  • 2 sdm air
  • 15 daun pandan 
  • 5 kuning telur
  • 80 g Gula
  • 70 ml minyak kelapa 
  • 1 sdt bubuk pengembang
  • 100 g tepung kue
  • 5 putih telur
  • 1⁄2 sdt cuka
  • 1⁄2 sdt garam

Cara membuat bolu pandan:

  1. Blender daun pandan dengan 2 sendok makan air dan 2 sendok makan santan. Saring daun pandan yang sudah dicampur untuk mendapatkan ekstrak. Sisihkan.
  2. Kocok kuning telur sampai warnanya cerah. Tambahkan gula. Lanjutkan mengocok hingga campuran merata dan lembut.
  3. Tambahkan minyak, sisa santan dan ekstrak daun pandan. Campur dengan baik. Tambahkan baking powder yang diayak dan tepung kue ke dalam campuran.
  4. Untuk menyiapkan meringue, tambahkan gula ke putih telur sedikit demi sedikit. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai berbusa. Setelah mulai berbusa, tambahkan cuka
  5. Terus kocok putih telur dengan kecepatan sedang. Tambahkan garam juga. Kocok campuran putih telur sampai kaku. Jangan  berhenti.
  6. Tambahkan meringue ke dalam adonan dalam batch. Aduk hingga adonan dan meringue tercampur rata.
  7. Perlahan tuang adonan ke dalam cetakan (sekitar 18-22cm) sambil memiringkan mangkuk pengaduk untuk menyingkirkan gelembung udara.
  8. Panggang pada 150 derajat Celcius selama sekitar 1 jam atau sampai berwarna cokelat keemasan. Setelah dikeluarkan dari oven, tempatkan terbalik sampai mendingin ke suhu kamar.

Tips saat membuat bolu pandan:

  • Putih telur harus sepenuhnya dikocok hingga kaku. Tetapi tidak berlebihan, kue mungkin tidak mengembang. Putih telur yang sudah terlalu banyak tidak akan memiliki puncak yang kaku. Ini akan menghasilkan kue yang rata dan padat.
  • Gula membantu mengeraskan putih telur. Disarankan untuk menggunakan gula halus yang direkomendasikan untuk dipanggang dalam resep ini karena penting bagi gula untuk larut, membantu menciptakan kilau dan kekakuan yang Anda butuhkan untuk kue bolu yang sempurna.
  • Setiap langkah harus dipatuhi dengan cermat.