Mengetahui Lebih Jauh Apa Itu Excavator

Saat mendengar nama excavator pasti sebagaian orang sudah tidak asing lagi, namun nyatanya ada sebagain ornag yang masih bertanya apa sih excavator itu. Nah, karena alasan itulah, tidak ada salahnya untuk membahas mengenai salah satu jenis alat berat yang banyak dijumpai di area pembangunan atau proyek ini.

Excavator sendiri dapat bekerja dan bergerak menggunakan sistem hidrolik yang biasnya digunakan untuk menggali atau memindahkan tanah ke truk pengangkut. Alat berat ini juga biasa digunakan untuk mencabut tanggul, pembongkaran aspal, maupun memecah batu. Sebenarnya ada jenis alat berat lain yang serupa dengan excavator bernama beko. Karena bentuknya yang sangat mirip, tidak heran mengapa banyak orang yang menyebut beko dan excavator itu sama.

Layaknya excavator, beko juga memiliki bucket pada bagian belakang, yang berfungsi sebagai pendorong tanah, fungsi tersebut juga sangat mirip dengan bulldozer. Bucket atau keranjang tersebut  pun juga memiliki fungsi untuk menggali atau memindahkan tanah ke truk pengangkut. Namun beko dan excavator tetap memiliki perbedaan, yaitu beko tidak dapat berputar 360 derajat layaknya excavator. Kemampuan ini juga yang membuat harga excavator lebih mahal dibanding dengan beko.

Penggunaan excavator dinilai lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia secara manual. Selain itu, excavator juga memiliki desain dan rancangan yang memudahkannya untuk melakukan tugas dalam segala medan. Namun karena semakin beragamnya kebutuhan, excavator pun kini hadir dalam beberapa ukuran, seperti;

  • Excavator mini,  dengan ukurannya yang tidak terlalu besar,  jenis excavator ini biasanya digunakan untuk menggali tanah saluran, plumping maupun landscaping.
  • Excavator kecil, biasanya digunakan pada penggalian yang memiliki skala lebih besar, seperti pada lapangan konstruksi.
  • Excavator sedang, memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan excavator pada umumnya, namun dnegan ukuran yang sedikit lebih besar.
  • Excavator supersize, karena ukurannya yang sagat besar, excavator jenis ini biasanya digunakan pada area pertambangan. Harga excavator jenis ini pun sangat mahal loh.

Berbagai ukuran excavator ini juga semudahkan, contohnya ketika ada proyek yang memiliki jalan cukup sempit sehingga tidak memungkinkan excavator ukuran besar untuk masuk, maka excavator kecil pun dapat digunakan.

Secara umum excavator memiliki beberapa bagian utama, yaitu work equipment yang merupakan bagian tuas yang berfungsi sebagai penggaruk atau penggali. Upper structure yang merupakan kabin atau ruang kendali. Serta lower structureyang merupakan bagian bawah yang berfungsi sebagai penggerak dimana rangkaian mekanik juga ada di sini.

Tidak semua alat bawah atau lawer pada excavator menggunakan crawler, karena crawler biasanya hanya digunakan pada kondisi tanah basah. Excavator juga memiliki jenis yang menggunakan roda, jenis ini biasanya digunakan pada pembangunan yang berada di area perumahan sehingga tidak merusak jalan yang dilalui. Tentu masing-masing jenis excavator baik itu yang menggunakan roda atau crawler memiliki kelebihannya masing-masing. Kedua jenis alat berat tersebut juga dirancang untuk memudahkan pekerjaan pada semua jenis medan. Berbagai ukuran dan jenis excavator serta variasi harga excavator juga dapat memudahkan serta memperlancar pekerjaan manusia pada bidang konstruksi.

Nah, setelah membaca artikel di atas sekarang anda libih tahu bukan mengenai jenis alat berat yang satu ini. Jika anda penasaran dnegan rupa asli alat berat ini, anda bisa melihatnya dengan ciri utama excavator umumnya memiliki warna kuning cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *