15 Rangkaian Nama Bayi Perempuan Menurut Alquran Beserta Artinya

Nama itu adalah doa dan harapan dari orang tua terhadap anaknya, sehingga anaknya tersebut bisa menjadi seseorang yang sesuai dengan harapan kedua orang tuanya kelak. Oleh sebab itu, pemberian nama pada anak harulah yang memiliki arti yang baik. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan memberikan contoh 7 nama bayi perempuan cantik yang diambil dalam Al-Quran sebagai berikut :

  • Khalisa

Secara etimologi nama Khalis ini berasal dari bahasa Arab yang berarti suci, murni, dan mulia. Nama ini diambil dalam Al Quran surat Al-Araf ayat 32, dimana dalam surat tersebut menceritakan tentang Tuhan yang mengharamkan pebuatan keji, baik yang nampak maupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, serta melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar. Dengan menggunakan nama ini, diharapkan kelak anak anda tumbuh menjadi seorang wanita yang dijauhkan dari segala perbuatan dosa. Supaya lebih keren, anda bisa menambahkannya dengan nama Azzahra menjadi Khalisa Azzahra yang memiliki arti wanita cantik yang suci.

  • Maisara

Dengan menggunakan nama Maisara ini diharapkan putri anda kelak akan menjadi seorang putri yang selalu diberi kemudahan serta diberi kekuatan dalam menjalani kehidupannya. Nama Maisara ini ada dalam surat Al-Baqarah ayat 280 yang memiliki makna diberikan kemudahan, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Namun secara etimologi nama Maisara ini berasal dari bahasa Arab yang artinya ketenangan.

  • Laila

Secara etimologi nama Laila ini berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti kegelapan yang indah. Nama Laila ini ada dalam Al-Quran surat Ad-Dukhan ayat 3 yang artinya malam hari. Nama ini sangat cocok disematkan pada bayi anda, terutama jika bayi anda lahir pas pada malam hari sehingga sesuai dengan namanya. Anda bisa menambahkan sapaan Zahira yang artinya berwajah cantik seperti bunga dan Rania yang artinya sukses.

  • Ilmi

Secara etimologi nama ini berasal dari bahasa Arab yang artinya ilmu. Nam ini ada dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 47 yang artinya pengetahuan. Jika anda ingin putrinya menjadi orang yang berilmu tinggi dan pandai, nama bayi perempuan ini sangat cocok untuk disematkan pada bayi perempuan anda.

  • Muhita

Nama Muhita ada dalam surat Al-Ankabut ayat 54 yang memiliki arti sadar atau bertaubat. Dimana dalam surat tersebut diceritakan bahwa jika berbuat dosa maka segeralah untuk bertaubat supaya tidak terkena azab. Secara etimologi nama ini berasal dari bahasa Arab yang bermakna sadar atau taubat. Sehingga dengan menggunakan nama ini, diharapkan kelak putri anda menjadi seorang perempuan yang selalu bertaubat jika melakukan kesalahan.

  • Kamila

Nama Kamila ini berasal dari surat Al-Baqarah ayat 196 yang memiliki arti lengkap atau sempurna tanpa ada kekurangan apapun. Secara etimologi nama Kamila ini berasal dari bahasa Arab yang berarti sempurna. Sehingga jika anda menginginkan seorang putri yang tumbuh dengan sempurna, maka nama ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk disematkan pada bayi putri anda. Bahkan nama ini juga digunakan oleh mantan penyanyi cilik, yakni Tasya Kamila.

  • Mubsira

Secara etomologi sapaan Mubsira ini berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti kecerdasan. Nama Kamila ini diambil dalam surat An-Naml ayat 13 dengan arti memahami. Sehingga dengan menggunakan nama ini, diharapkan putri anda menjadi anak yang memahami atau cerdas. Untuk lebih mudah dalam penyebutannya, anda bisa menyebut ira sebagai nama panggilan. Atau anda juga bisa menambahkannya dengan nama depan Ana sehingga menjadi Ana Mubsira.

Keren-keren kan sahabat? Nah bagi anda para orang tua yang sedang mencari nama Islami bagi  bayi perempuannya, nama-nama diatas bisa menjadi referensi bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *