Waspada 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Online

Pinjaman online saat ini ibarat dua mata pisau. Satu sisi bisa menjadi penolong tapi di sisi lain justru bisa membahayakan penggunanya. Hal itu sebetulnya bisa dihindari kok, asalkan pengguna juga paham hal-hal penting sebelum mengajukan pinjaman.

Agar kamu tidak menjadi korban lembaga kredit nakal yang belum terverifikasi, ada baiknya kamu juga paham beberapa kriteria lembaga yang perlu kamu waspadai.

Perusahaan Belum Terdaftar di OJK

Cara paling mudah dan bisa ditelusuri lewat smartphone kamu adalah melakukan pencarian daftar fintech yang sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hindari berurusan dengan fintech pinjaman online yang jelas-jelas belum mendapatkan lisensi dari OJK. Karena bisa dipastikan akan ada sejumlah ketentuan yang tidak mengikuti aturan dari OJK.

OJK sudah mengatur hal yang terkait dengan lembaga keuangan online mulai dari besaran bunga hingga organisasi di dalamnya.

Jadi, ketika ada pengguna yang terlilit utang dari pinjaman tunai online sebetulnya bukan sepenuhnya salah OJK atau lembaga keuangan online resmi lainnya. Bisa jadi akibat kelalaian pengguna dalam pengecekan lembaga keuangan resmi.

Salah satu fintech yang sudah punya nama seperti Kredivo cukup jelas untuk menelusurinya dalam daftar resmi yang dikeluarkan oleh OJK.  

Kredivo berada di bawah naungan PT FinAccel Teknologi Indonesia yang sudah terdaftar resmi serta diawasi langsung oleh OJK. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi ketika mengajukan pinjaman online tunai melalui Kredivo.

Jadi, cek juga produk perusahaannya, bukan hanya mengecek produknya saja melainkan siapa perusahaan yang memiliki produk tersebut.

Menerapkan Bunga Tinggi

Hal kedua yang perlu diwaspadai adalah mencurigai lembaga kredit yang memberikan bunga tinggi.

Umumnya lembaga keuangan seperti bank saja hanya menentukan kredit pinjaman dengan bunga antara 1-3 % per bulan.

Artinya, jika ada lembaga keuangan online yang memberikan pinjaman tapi dengan bunga tinggi 1% per hari, sudah tidak masuk akal.

Inilah yang menjadi cikal bakal terjerat pinjaman tunai secara online. Hindari saja hal seperti ini.

Lain halnya dengan Kredivo yang memberikan bunga rendah serta transparan. Kredivo hanya memberikan bunga mulai dari 2.95% saja per bulan. Bahkan cicilan pun fleksibel mulai dari 30 hari, 3 bulan hingga 6 bulan.

Jika dibandingkan dengan layanan pinjaman online lainnya, bunga yang ditetapkan Kredivo masih jauh lebih rendah 50% sehingga tidak akan membebani pengguna.

Tidak Transparan Soal Skema Cicilan

Waspada dengan penawaran kemudahan mengajukan pinjaman online jika tidak mengetahui skema cicilan secara jelas dan transparan.

Personal loan yang dikeluarkan Kredivo punya skema cicilan yang jelas, transparan, dan memudahkan pengguna.

Misalnya saja untuk pinjaman mini mulai dari Rp 500 ribu bisa dibayar dalam jangka waktu 30 hari saja. Sehingga lebih singkat tanpa harus menunggu terlalu lama.

Lain lagi dengan pinjaman jumbo. Pinjaman personal ini bisa kamu ajukan dengan nilai mulai dari Rp 1 juta. Jangka waktu pengembaliannya lebih lama jika dibandingkan dengan pinjaman mini.

Untuk pinjaman jumbo sistem cicilannya dilakukan dengan dua metode pilihan yaitu selama 3 bulan dan 6 bulan.

Jadi lebih fleksibel dalam menentukan pilihan dari sisi besaran pinjaman maupun lama cicilan.  

Pahami Cara Kerja Pinjaman Tunai Online

Sebelum mengajukan pinjaman, pahami dulu cara kerja pinjaman tunai secara daring ini. Mulai dari pendaftaran, syarat dan ketentuan, bunga, skema cicilan hingga cara pembayaran.

Pengguna Kredivo sekarang lebih dimudahkan, karena semua proses tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan praktis hanya menggunakan smartphone.

Layanan ini bisa dimanfaatkan bagi yang sudah memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, sudah berusia 18 tahun dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Apa untungnya mengajukan pinjaman lewat Kredivo? Kredivo sudah berpengalaman dan terpercaya. Bahkan jaringan e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Kredivo lebih dari 200 di Indonesia.

Selain pinjaman tunai kamu juga bisa belanja langsung secara kredit tanpa kartu kredit dengan menggunakan Kredivo.

Semua prosesnya mudah kok. Pendaftarannya pun bakal diproses kurang dari 24 jam. Untuk pencairan dana bisa dilakukan dalam waktu 5 menit terhitung sejak pengajuan pinjaman online dilakukan.

Itulah beberapa hal yang perlu diwaspadai agar tidak menjadi korban selanjutnya. Pastikan hal-hal tersebut diketahui dengan baik agar tetap memberikan rasa aman dan nyaman saat mengajukan pinjaman.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *