Bagaimana Sih Cara Mengetahui Tingkat Kesuburan Kaum Wanita? Ini Dia Jawabannya

9 Jenis Medical Check Up Perlu Mama Lakukan Sebelum Hamil

Kebahagiaan paling hakiki bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah, yakni adalah dikaruniai seorang anak. Ya, kehidupan pasangan suami istri ini belum bisa dikatakan bahagia, apabila mereka belum juga mendapatkan momongan. Dalam hal medapatkan keturunan, tentu saja kita sebagai kaum wanita harus mengetahui tentang tingkat kesuburannya. Namun, pada kenyataannya masih banyak diantara kita yang belum tahu tentang cara untuk mengetahui masa subur wanita. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk mengetahuinya? Tenang, anda tidak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini akan mengulas seputar beberapa cara mudah untuk mengetahui tingkat kesuburan bagi wanita. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

  1. Coba Cek Lendir di Bagian Mulut Rahimnya

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengetahui tingkat kesuburan, yakni dengan mengecek lendir yang ada di bagian mulut rahimnya. Apabila lendir tersebut berwarna putih seperti krim serta memiliki tekstur yang agak elastis, maka itu menandakan bahwa proses ovulasi sedang berjalan. Dengan kata lain, anda sudah memasuki masa kesuburan yang berpotensi hamil. Jika lendirnya berwarna bening serta bertekstur elastis, itu artinya anda sedang berada di puncak masa kesuburan.

  1. Menggunakan Alat Bantu Pendeteksi Ovulasi

Langkah kedua yang harus anda lakukan untuk mengatahui tingkat kesuburan, yakni dengan menggunakan alat bantu pendeteksi ovulasi. Mengenai cara kerja dari alat tersebut, yakni dengan melacak kadar hormon luteinizing (LH). Cara penggunaann alatnya juga cukup mudah, dimana anda perlu memasukan urine kedalam alat tersebut sebagai samplenya. Dengan kata lain, alat ini sangat mirip dengan alat untuk mengetes kehamilan.

  1. Menggunakan Aplikasi Kalkulator Ovulasi

Langkah ketiga yang harus anda lakukan untuk mengetahui tingkat kesuburan, yakni dengan menggunakan aplikasi kalkulator ovulasi. Mengenai cara kerjanya, disini anda harus mencatat tanggal berapakah awal terjadinya menstruasi serta menghitung berapa jumlah rata-rata siklus menstruasinya. Jika sudah demikian, maka kalkulator ovulasi ini akan memberikan seluruh informasinya mengenai tingkat kesuburan anda secara akurat.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba metode tersebut? Itulah 3 cara termudah untuk mengetahui tingkat kesuburan pada wanita. Demikianlah yang dapat disampaikan, dengan keterbatasan waktu yang tersedia maka hanya cukup sampai disini saja perjumpaan kita. Akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *