Jangan Takut Menyelamatkan Hewan Terluka

Apa yang dipikirkan anak – anak saat menyelamatkan hewan terluka atau sakit? Pasti mereka merasa iba dan hal ini akan merangsang kepekaan sosialnya. Namun, adakalanya hewan – hewan yang terlantar itu berada dalam keadaan kotor karena tidak terawat. Saat hal ini terjadi, apa yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua? Satu hal yang pasti dan wajib dilakukan adalah mendukung mereka.

Mengapa orangtua perlu mendukung anak dalam menyelamatkan hewan terlantar yang kotor? Karena tidak semua anak memiliki kepekaan sosial terhadap makhluk hidup lain. Ada banyak anak yang lebih mengutamakan rasa jijik daripada kepekaan sosial ini. Jadi, saat anak sudah mempunyai panggilan untuk menolong, maka jangan jadikan alasan kotor sebagai penghalang perkembangan Emotional Quotient (EQ) mereka.

Dengan bimbingan dari orangtua, anak – anak akan bisa mengetahui cara untuk menolong makhluk di sekitarnya yang membutuhkan bantuan. Misalnya jika melihat hewan yang terluka. Hal yang perlu dilakukan adalah memberikan pertolongan pertama dan membersihkan hewan tersebut. Atau jika melihat hewan tertabrak kendaraan atau sakit, maka orangtua bisa mengajak anak membawanya ke dokter hewan untuk menadapat perawatan.

Kepekaan sosial terhadap makhluk hidup sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan hidup manusia sebagai pengelola dunia. Anak – anak adalah tunas masa depan yang akan memberikan sumbangsih terhadap kehidupan dunia secara global. Jika anak – anak tidak terbebani dalam menolong hewan, bisa jadi mereka juga akan memiliki kepekaan sosial saat akan menolong manusia atau menyelamatkan tumbuhan dari penebangan liar.

Sekedar kegiatan kecil di masa anak – anak yang memberikan arti akan bisa menjadi langkah besar saat mereka dewasa. Jadi, sebaiknya orangtua selalu memberi dukungan, pengarahan, pengawasan dan proteksi atas apa saja yang dilakukan oleh anak. Dukungan akan membuat mereka merasa bahagia telah melakukan kegiatan sosial yang positif.

Pengarahan dibutuhkan anak karena mereka adalah pribadi yang belum sempurna dalam mengambil keputusan. Dengan pengarahan dari orangtua saat kegiatan menyelamatkan hewan, mereka akan merekam dan belajar bagaimana cara mengatasi masalah lain yang lebih kompleks di kemudian hari. Selain itu, mereka juga akan bisa mempelajari apa saja alternatif pemecahan masalah untuk berbagai kondisi yang bisa datang kapan saja.

Pengawasan harus dilakukan orangtua supaya anak tidak sampai salah langkah dalam melaksanakan berbagai aktifitas eksplorasi mereka. Meskipun tidak mendikte dan memperbolehkan mereka menyayangi hewan dengan menolong mereka yang kesusahan tetapi tetap saja ada banyak hal yang harus digarisbawahi seperti batas keamanan dan keselamatan anak. Itulah fungsi pengawasan yang bisa dilakukan orangtua untuk putra putri mereka.

Yang terakhir dibutuhkan oleh anak dari orangtua adalah proteksi. Orangtua mempunyai tanggung jawab untuk melindung anak – anak mereka dari penyakit yang kerap menimpa. Pada umumnya, jenis penyakit yang sering menyerang anak – anak adalah cacingan, gatal, iritasi, biang keringat, dan sebagainya. Cara untuk melindungi mereka adalah memilih produk kebersihan yang sehat, aman dan bersifat anti bakteri untuk memberikan proteksi secara maksimal.

Produk – produk perawatan tubuh anak dari Doremi Thomas and Friends  yang terdiri dari Body Wash, Shampoo and Conditioner, serta Mist Cologne adalah paket pembersih untuk menemani anak – anak mandi, mencuci rambut, dan mengharumkan diri. Jadi, meskipun mereka banyak beraktifitas di luar rumah saat menyelamatkan hewan – hewan, tetapi kebersihan tetap bisa terjaga. Orangtua perlu memastikan di rumah selalu ada paket produk dari Doremi Thomas and Friends yang mengandung ekstrak Aloe Vera sebagai bahan anti bakteri yang aman dan tidak pedih di mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *