Begini Simulasi Rincian Biaya Pernikahan Mengesankan Hanya Dengan Rp 20 Juta

Yuk, Hitung-Hitungan Biaya Pernikahan Raisa-Hamish!

Sedang menghitung rincian biaya pernikahan? Pas banget kawan, kali ini kita akan bicara bagaimana membuat pernikahan yang mengesankan sekalipun dengan budget yang minim. Hanya 20 juta saja. Tentu untuk untuk mereka yang bergelimang harta dunia, budget ini sangat minim. Tak lebih dari uang perawatan kecantikan tiap bulanya. Tapi bagi kita yang hidup standar, uang 20 juta itu rasanya sudah begitu banyak dan sulit untuk di dapatkan.

Pernikahan adalah moment terbaik dalam hidup yang kita harapkan hanya terjadi seumur hidup. Ya, tentu kita menginginkan satu pasangan selama hidup. Tidak ada perceraian dan tidak ada pernikahan untuk kedua kali. Karena terjadi sekali seumur hidup, maka banyak yang tak segan-segan membuat acara pernikahan menjadi super istimewa. Penuh dengan pesta-pesta yang menghabiskan banyak biaya.

Hal ini bahkan terjadi tidak hanya pada mereka yang bergelimang harta. Tapi juga bagi mereka yang hidup dengan sederhana, pasti ada kemauan untuk membuat pernikahan jadi paling istimewa. Nah, tahukah kamu kalau hanya dengan budget 20 juta, kita bisa membuat moment pernikahan menjadi istimewa. Bagaimana caranya?

Rincian Biaya Pernikahan 20 Juta

Sebelum kita bahas bagaimana membuat pernikahan istimewa meski hanya dengan budget 20 juta, mari kita simulasikan terlebih dahulu apa yang bisa kita lakukan dengan dana 20 juta tersebut:

  • Undangan (100 x Rp2.000) sebesar Rp 200.000,-
  • Souvenir (150 x Rp4.000) totalnya Rp 600.000,-
  • Tenda + perlengkapan lainnya, totalnya Rp 3.000.000,-
  • Dekorasi totalnya Rp 1.000.000,-
  • Salon + sewa baju pengantin kurang lebih Rp 3.000.000,-
  • Dokumentasi + sewa kamera, kurang lebih Rp 1.000.000,-
  • Makanan + kue-kue, kurang lebih Rp 8.000.000,-
  • Siapkan dana, Biaya tak terduga sebesar Rp3.200.000,-

Jadi Total Semuanya Rp 20.000.000,-

Pada beberapa pos pernikahan di atas, masih ada beberapa biaya pernikahan yang bisa dipotong maupun dipangkas. Yang terpenting tidak terlalu mengganggu acara pernikahan. Tentu saja hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang. Berikut beberapa cara agar bisa menghemat dana:

  1. Adakan Pesta di Rumah

Percaya atau tidak, biaya sewa gedung cukup menghabiskan dana. Bahkan termasuk yang menghabiskan pos dana paling banyak. jadi kamu bisa menghilangkanya. Toh tidak sewa gedung juga tidak mengganggu acara pernikahan kamu. apalagi kalau kamu memiliki rumah dengan halaman yang cukup luas. Lebih baik, lakukan acara perta pernikahan di rumah saja. terlebih, dengan menyelenggarakan pernikahan di rumah. kamu dan pasanganmu jadi lebih mengenal lingkungan keluarga sekitar kamu. ketimbang di gedung.

  1. Selektif dalam Memilih Tamu

Tak perlu semua tamu kamu undang, makin banyak tamu makin banyak pula biaya penyambutanya. Mulai dari undangan, ruangan hingga makanannya. Jadi ada baiknya kalau kamu selekstif dalam mengundang tamu. Pilih saja kerabat dekat dan teman dekat saja. selektif dalam memilih tamu, berarti juga selektif dalam menekan biaya.

  1. Pilih Undangan dan Souvenir Unik tapi Terjangkau

Tak perlu undangan dan souvenir yang terlalu mahal. Terutama undangan, pasti setelah pernikahanmu, undangan akan dibuang. Jadi pilih saja yang unik dan tidak terlalu mahal. Kalau sovenir, pilihlah yang unik. Biar lebih berkesan, tak perlu yang mahal.

  1. Atur Sendiri Dekorasi

Jika kamu punya keahlian melakukan dekorasi, lakukan dekorasi sendiri. Termasuk jenis bunga yang akan kamu gunakan dan pernak-perniknya. Ini akan jauh lebih menghemat pengeluaran.

  1. Sewa Baju Pengantin

Terakhir, agar rincian biaya pernikahan tak makin membengkak, lebih baik kamu sewa saja baju pengantin. Tak usah membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *