Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Perubahan cuaca yang terlalu sering dapat mempengaruhi kondisi kulit pada wajah terutama pada kulit kering. Cuaca yang dingin dapat membuat kulit semakin kering hingga menimbulkan garis-garis halus pada wajah atau kerutan. Untuk itu, cara  merawat kulit wajah kering harus dilakukan secara rutin untuk menanggulangi masalah tersebut. Selain itu, banyak faktor yang menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan kusam, berikut adalah beberapa penyebabnya :

  1. Faktor genetic

Faktor gen kulit yang kering dapat dibawa dari lahir karena sudah keturunan dari orang tua yang memiliki jenis kulit kering serupa. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi.

  1. Paparan sinar matahari

Untuk jenis kulit kering, sinar matahari dapat mengurangi kelembaban pada kulit kering. Panasnya sinar matahari juga dapat membuat wajah menjadi kusam.

  1. Salah kosmetik

Produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dapat memperburuk kondisi wajah. Dalam hal ini, diperlukan ketelitian dalam memilih kosmetik yang cocok. Pilihlah kosmetik yang brandnya sudah dikenal oleh banyak orang dan terjamin akan kualitasnya.

  1. Pengaruh radikal bebas

Terlalu banyak aktivitas di luar menyebabkan kulit terkena asap, debu, serta polusi udara yang mengandung zat-zat yang dapat merusak sel kulit sehingga untuk kulit kering, kulit wajah akan mudah memperlihatkan garis-garis halusnya dan memperlambat regenerasi sel kulit mati.

Dalam hal ini, cara merawat kulit wajah kering adalah dengan dibarenginya bersama pola hidup yang sehat seperti olahraga, makan makanan bergizi, dan konsumsi air putih dalam jumlah banyak untuk membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas ke luar tubuh. Selain itu, penggunaan tabir surya serta pelembab harus dilakukan secara rutin apabila akan melakukan aktivitas seharian di luar rumah guna melindungi wajah dari kotoran-kotoran yang disebabkan polusi udara yang berpotensi merusak sel kulit. Kotoran-kotoran tersebut hanya akan menempel pada lapisan tabir surya yang melindungi wajah sehingga tidak masuk ke dalam lapisan kulit wajah. Hal ini membantu mempermudah membersihkan kotoran pada saat mencuci wajah dengan sabun.

Itulah cara merawat kulit wajah kering yang dapat anda terapkan setiap hari guna mendapatkan wajah  yang cerah dan berseri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *