BJ Habibie Terdaftar sebagai Pendonor Mata

BJ Habibie Terdaftar sebagai Pendonor Mata

Presiden RI Ketiga B.J Habibie telah terdaftar sebagai pendonor di Bank Mata Indonesia. Hal itu disampaikan dalam acara peluncuran program “Sepuluh Ribu Mata” oleh Pollux Habibie International, Selasa (3/5/2016). #Fagam

“Pak Habibie sudah terdaftar (pendonor mata). Dulu Ibu Ainun juga (terdaftar sebagai pendonor), tetapi karena ibu meninggal dalam kondisi berat & ada faktor kanker, jadi tidak dapat mendonor saat itu,” ungkap Tjahjono Gondhowiardjo, Ketua Bank Mata Indonesia.

Mereka yang terdaftar sebagai pendonor mata, menyatakan kesediaannya untuk memberikan kornea matanya jika nanti meninggal dunia.

Menjadi pendonor mata tidak terbatas usia, ujar Tjahjono. Siapa pun bisa menjadi donor mata, asalkan kondisi matanya sehat.

Perlu ditekankan juga, pihak Bank Mata tidak mengambil bola mata utuh dari pendonor, tetapi hanya bagian kornea saja. Setelah itu akan dihitung jumlah selnya. Apabila jumlah sel mencukupi dan dinyatakan sehat, kornea mata dapat dipindah ke penerima donor.

Tjahjono sangat berharap banyak orang yang mengikuti langkah Habibie dan Ainun. Ia mengatakan, banyak masyarakat Indonesia yang mengantri untuk mendapatkan donor mata.

“Untuk saat ini kita masih bergantung dari Filipina dan Srilanka. Di Indonesia sangat sedikit, hanya 20 kornea yang telah didonorkan dalam waktu 3-4 tahun.” kata Tjahjono.

Sumber: KompasHealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *