Penemu dari Wi-Fi Ternyata Lahir di Surabaya

Victor "Vic" Hayes adalah penemu dari teknologi Wi-Fi yang sering disebut "Bapak dari Wi-Fi" ternyata lahir di Surabaya, pada 31 Juli 1941. #Fagam

Victor “Vic” Hayes adalah penemu dari teknologi Wi-Fi yang sering disebut “Bapak dari Wi-Fi” ternyata lahir di Surabaya, pada 31 Juli 1941. #Fagam

Di zaman modern seperti sekarang, teknologi Wi-Fi bukanlah hal yang asing, karena telah banyak dikalangan masyarakat dan kita tinggal memakainya saja, tidak perlu lagi untuk membuat atau mengembangkannya.
Hampir semua perangkat komputer dan gadget jaman sekarang dilengkapi dengan tekologi ini. Tapi tahukah anda siapa penemunya? Penemunya adalah Victor “Vic” Hayes, ia adalah seorang peneliti senior di Delft University Belanda.
Victor Hayes dijuluki sebagai “Bapak dari Wi-Fi” lahir di Surabaya (Hindia Belanda pada saat itu) pada tanggal 31 Juli 1941. Ia dipulangkan ke Belanda bersama keluarganya pada tahun 1950 dan menerima gelar BE dari “HTS Amsterdam” tahun 1961.

Pada tahun 1974 ia bergabung dengan Agere Systems yang merupakan bagian dari NCR. Dia menulis berbagai Standar NCR Teknik Perusahaan pada komunikasi data, termasuk HDLC dan protokol X.25 packet tingkat dan mewakili perusahaan dalam berbagai standar seperti Belanda Standards Institute NNI dan Computer Eropa Asosiasi Produsen ECMA.

Ia juga merancang beberapa standar Wi-Fi yaitu IEEE 802.11a, 802.11b, dan 802.11g. Tahun 2003 ia pensiun dari Agere Systems yang akhirnya kalah pada kompetisi. Chipset all in one 802.11abg buatan Agere Systems yang diberi nama WARP tidak dapat menembus pasar. Akhirnya Agere Systems mundur dari pasar Wi-Fi. Di tahun 1997, IEEE yang anggotanya terdiri perusahaan komputer dan jaringan antara lain Cisco, Microsoft dan Apple mengembangkan teknologi dalam industri komputer, dengan mengadopsi sebuah standar baru untuk jaringan nirkabel bernama 802.11. Standar ini dibuat untuk mendukung akses LAN (Local Area Network) tanpa kabel.
Vic Hayes juga menerima sejumlah penghargaan antara lain: 
  • 1998: Medallion IEEE Standards untuk internasionalisasi standar IEEE 802.11 8
  • 2000: Penghargaan IEEE kepemimpinan “selama 10 tahun kepemimpinan dan dedikasi yang luar biasa sebagai ketua Kelompok IEEE 802.11 Wireless LAN Working”
  • 2002: Penghargaan “sebagai pengakuan atas kepemimpinan yang luar biasa dari Komite Regulasi dari Wi-Fi Alliance” 
  • 2003: Penghargaan “untuk kepemimpinan yang luar biasa sebagai Ketua peraturan dan dukungan lanjutan dari Wi-Fi Alliance”
  • 2004: Trophy Vosko, penghargaan Belanda “sebagai pengakuan atas karya dan timnya yang mengarah pada keberhasilan Wi-FI (IEEE 802.11)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *