Ancaman Sampah, Kini Cacing Memakannya

Rekayasa genetik larva mealworm agar mapu menghancurkan sampah

Ilmuwan asal Inggris berhasil merekayasa genetik larva mealworm  agar mampu menghancurkan sampah. #Fagam

Siapa yang tidak pernah bermasalah dengan sampah. Sampah merupakan satu masalah utama yang akan mengganggu kelangsungan lingkungan.

Milyaran ton sampah menumpuk dan dibuang setiap harinya oleh negara-negara berkembang dan maju. Berbagai upaya terus dilakukan agar tempat pembuangan sampah tidak menumpuk di mana-mana.

Hingga akhirnya, proses daur ulang semakin populer di tengah kehidupan masyarakat. Setidaknya, masyarakat ikut menjaga lingkungan dan kelangsungan hidup dibumi. Tidak terbayang kan kalau bumi hijau ini yang diciptakan tertumpuk sampah di masa akan datang?

Tentu kita tidak menginginkan itu terjadi, baru-baru ini telah ditemukan solusi untuk memusnahan sampah dengan menggunakan cacing. Cacing khusus atau yang disebut mealworm merupakan larva dari salah satu jenis kumbang. Seorang ilmuwan dan timnya asal Inggris berhasil merekayasa genetik mealworm agar mampu menghancurkan sampah, terutama sampah plastik.

Hasilnya luar biasa, sekitar 100 cacing dapat menghabiskan sampah jenis styrofoam dan mengubahnya menjadi kotoran hanya dalam waktu 24 jam. Hasil dari kotoran itu dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos. Keren bukan? Semoga dengan inovasi ini, ancaman sampah menumpuk dibumi akan teratasi secara perlahan. (sumber: plus.kapanlagi.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *